Minggu, 04 Juli 2010

Yang Muda, yang Berjaya

Joachim Loew sukses menghela Jerman ke semifinal Piala Dunia 2010 dengan melewati Argentina. Buat arsitek Der Panzer itu, peran pemain muda dalam skuadnya sangat penting.

Langkah Jerman ke semifinal tak terbendung setelah di perempatfinal, Sabtu (3/7/2010), mereka meremukkan Argentina 4-0. Sebelumnya, Philipp Lahm cs sukses merontokkan Inggris 4-1.

Loew yang terkenal dengan gaya modisnya ini menilai kunci Der Panzer sebenarnya terletak pada para pemain mudanya. Dari 23 pemain Jerman, 11 di antaranya masih berusia di bawah 25 tahun.

Pemain seperti Thomas Mueller, Mesut Oezil dan Jerome Boateng notabene merupakan mantan pemain timnas junior Jerman yang tahun lalu yang menjadi juara Piala Eropa U-21.

Kebalikannya, di Argentina hanya ada enam pemain yang berusia di bawah 25 tahun. Loew menekankan keunggulan para pemain mudanya ini dibanding punggawa andalan Diego Maradona.

"Pemain kami lebih muda, lebih cepat. Beberapa pemain Argentina mungkin tidak lagi secepat ini," ujar Loew seperti dikutip dari Reuters.

"Kemenangan hari ini karena kami sangat disiplin, juga kami berusaha keras," sambung eks asisten Juergen Klinsmann tersebut.

Loew menjadi pelatih yang membesut tim termuda Die Mannschaft sepanjang masa di Piala Dunia. Meski muda, tim ini sanggup mencetak hasil-hasil fantastis seperti membekap Inggris dan Argentina.

Setelah memastikan diri masuk semifinal, Loew menekankan bahwa masih banyak yang harus diraih tim dalam dua partai tersisa.

"Saya sangat bangga dengan tim ini, permainan babak kedua kami sangatlah berkelas. Kami bermain layaknya sang juara," pungkasnya.

0 komentar: