Minggu, 04 Juli 2010

Lahm Dkk Sudah Jadi Pahlawan

Jerman melangkahkan kakinya ke semifinal dengan sangat baik. Pers setempat memberi apresiasi tinggi dengan memandang Philipp Lahm dan kawan-kawan sebagai pahlawan.

Tiket babak empat besar Piala Dunia tahun ini digenggam Jerman setelah mempecundangi Argentina 4-0 Sabtu malam. Sebelumnya mereka tak kalah fantastis dengan menggebuk Inggris 4-1.

"1954, 1970, 1990 .. " harian Tagesspiegel edisi Minggu memasang judul demikian, menyebut tahun ketika negara mereka menjadi juara dunia, dan tentu saja berharap melanjutkannya dengan 2010.

"Terima kasih, kalian pahlawan," teriak Bild am Sonntag di halaman depannya, dengan foto pelatih Argentina Diego Maradona tersedu sedang, sementara Kanselir Angela Merkel bertepuk tangan buat para pemainnya dari kursi VIP stadion.

"1-0 Mueller, 2-0 Klose, 3-0 Friedrich, 4-0 Klose. Ya, kalian pahlawan kami. Ya, kami takkan melupakanmu. Ya, kami masuk semifinal," tambah harian tersebut dalam artikel terkaitnya.

Jerman selalu masuk minimal semifinal di tiga turnamen besar terakhir. Di Piala Dunia 2006 mereka menjadi juara tiga, lalu runner up Euro 2008, dan saat ini sudah tinggal satu langkah lagi menuju final.

"Luar biasa, menakjubkan. Kalian adalah kata-kata itu. Dewa sepakbola sedang tersnyum pada Jerman. Kami mengalahkan Inggris 4-0, kami masuk semifinal Piala Dunia, dan kami memainkan sepakbola terindah di seluruh dunia."

Harian Berliner Kurier menyuruh pembacanya untuk "Namai anak laki-laki kalian Jogi!", merujuk panggilan pelatih Joachim Loew. "Kemenangan termanis sepanjang masa."

Tak sekadar memuji Jerman, mereka juga memberi sedikit "humor" pada Argentina. Bild menulis, "Cry for me Argentina" sambil memasang gambar Loew sedang melihat Maradona yang menangis di bahu anak perempuannya, Dalma.

"Tarian tango terindah dari Jerman," timpal harian Welt am Sonntag, seperti dilansir AFP.

Pesan terakhir dari Bild adalah untuk pertandingan melawan Spanyol di semifinal. Jerman dua tahun lalu menyerah dari tim tersebut di final Piala Eropa di Austria-Swiss.

"Tim Spanyol yang ini tidak membuat kami gentar,” sebut Bild setelah skuad "Matador" bersusah payah mengalahkan Paraguay di perempatfinal dengan skor tipis 1-0.

0 komentar: