Minggu, 04 Juli 2010

Lahm, Kapten 'Imut' Tim Raksasa

Dari penampilan fisik Philipp Lahm tidak seperti kebanyakan pemain Jerman yang berpostur tinggi besar. Meski tampangnya imut dan tubuhnya kecil, dia adalah pemimpin pasukan Der Panzer saat ini.

Lahm terpilih sebagai skipper timnas Jerman untuk Piala Dunia 2010 setelah Michael Ballack urung tampil karena cedera. Pemain yang tingginya "hanya" 170 cm ini diberi wakil yang juga rekannya di klub Bayern Munich, Bastian Schweinsteiger.

Dalam penampilan pertamanya sebagai kapten tim juara dunia tiga kali, saat Jerman berujicoba melawan Bosnia di Frankfurt, Kamis (3/6/2010) malam, Lahm menjadi inspirator kebangkitan timnya. Setelah Bosnia unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Edin Dzeko, ia mengukir gol balasan di menit 50.

Berikutnya Schweinsteiger menorehkan dua gol melalui tendangan penalti, dan Jerman tampil sebagai pemenang dengan skor 3-1.

Lahm dipredikat sebagai salah satu full back terbaik di dunia saat ini. Kedua kakinya hidup sehingga ia bermain sama bagusnya, baik di kiri maupun kanan. Di Piala Dunia 2006 misalnya, ia dipasang sebagai bek kiri, tapi di Afrika Selatan nanti ia dipastikan diplot sebagai bek kanan.

Di level internasional Lahm mulai mencuri perhatian ketika tampil di Piala Dunia 2006. Di pertandingan pembukaan turnamen melawan Kosta Rika, ia mencetak gol pertama di menit keenam. Jerman menang 4-2.

Di turnamen tersebut, pemain kelahiran 11 November 1983 itu merupakan satu-satunya pemain Jerman yang bermain penuh di semua pertandingan, selama 690 menit. Lahm pun masuk ke dalam tim pilihan Piala Dunia 2006.

Di babak kualifikasi Piala Dunia 2010, Lahm kembali menjadi satu-satunya pemain yang selalu dipasang penuh di total 10 pertandingan. Maka semakin beralasan kenapa dia dijuluki 'Mr. Consistency' karena permainannya yang selalu konsisten.

Performa serupa ditunjukkan Lahm di Piala Eropa 2008, di mana Jerman finish sebagai runner up dan pemain yang pernah memperkuat Stuttgart itu terpilih ke dalam UEFA Team of the Tournament.

"Saya menatap Piala Dunia dengan bersemangat. Kami sudah mempersiapkan segalanya dengan baik: mood yang baik, latihan dan kami dalam kondisi fit," ujar sang kapten seusai pertandingan melawan Bosnia.

0 komentar: