Sabtu, 10 Juli 2010

Kisah Manis Sang Pengganti

Sami Khedira hadir sebagai pengganti Michael Ballack. Tak ada rasa canggung yang menggelayuti pemuda berdarah Tunisia itu meski harus menggantikan ikon Jerman. Bahkan Khedira berhasil menutup kisah dengan manis.

Khedira memulai debutnya bersama timnas Jerman pada 5 September 2009 dalam laga persahabatan melawan Afrika Selatan. Ia tampil selama 73 menit dalam partai tersebut.

Cederanya Michael Ballack mendatangkan "berkah" kepada pemain milik VfB Stuttgart tersebut. Ia selanjutnya dipanggil untuk mengisi posisi sang ikon Der Panzer.

Khedira yang sangat minim pengalaman jelas bukan pengganti sepadan buat Ballack yang sudah banyak makan asam garam.

Namun begitu Khedira berhasil membuktikan bahwa dirinya layak menggantikan Ballack. Bersama Bastian Schweinsteiger, pria kelahiran 4 April 1987 ini berhasil membangun lini tengah yang tangguh.

Di Afrika Selatan, Khedira selalu menjadi pilihan utama pelatih Joachim Loew. Statistik dari Castrol Index, seperti dilansir dari situs FIFA menunjukkan bahwa Khedira mendapatkan nilai yang terus meningkat.

6,38 adalah nilai di laga pertamanya saat melawan Australia di babak grup. Ketika menghadapi Spanyol di semifinal, meski Jerman kalah, Khedira mendapatkan nilai 8,20.

Minggu (11/7/2010) dinihari WIB boleh dikatakan sebagai puncak penampilan Khedira di Piala Dunia 2010. Ia berhasil mencetak gol penentu ke gawang Uruguay, yang mengantarkan Die Mannschaft meraih tempat ketiga.

Pria yang mengantar Jerman menjadi juara Piala Eropa U-21 tahun 2009 itu merupakan salah satu dari investasi yang dilakukan oleh timnas senior untuk membentuk pasukan yang tangguh di kejuaraan-kejuaraan mendatang.

0 komentar: